6 July 2008

KONEKSI 2 ISP TANPA ROUTER BISA GA????

Suatu pertanyaan yang mungkin lucu, tapi bagi saya yang masih newbie jaringan ini adala suatu tantangan untuk di pelajari, bisakah dalam satu hub dikonesi dengan 2 modem jawabannya bisa aja yang penting settingannya, sistem alokasi IP addreas supaya satu dan lainnya tidak berbenturan.

untuk mengatasi masala ini saya akan coba selesaikan seperti apa yang sudah saya praktekkan.
pada kasus ini saya ambil contoh coneksi dengan ISP Speedy 2 modem
misalnya jumlah client 40 unit dibagi 2 modem
1 modem menampung client 20 unit
topologi jaringan
modem 1 ---- 20 client
HUB
modem 2 ---- 20 client

Alokasi IP
misal IP modem 1 192.168.1.1/24 (netmask untuk 24 adalah 255.255.255.0)
IP client 192.168.1.2-20/24 gateway IP modem
artinya IP dari 2-20 redirect ke modem 1

modem 2 192.168.1.21/24
client 192.168.1.22 - seterusnya / gateway 192.168.1.21

untuk setting di modem
saya ambil contoh untuk modem merk SanexTel SA 100, karena modem ini standar dari telkom
masuk ke modem dengan melalui browser, cara masuk modem 192.168.1.1 user/pass admin masih standar perusahaan
cari menu LAN matikan DHCP Network

untuk ip client harus menggunakan IP static, IP di tentukan oleh kita bukan di alokasikan oleh modem yang berfungsi sebagai rouing, aktifkan fungsi routing modem

yang harus di perhatikan ialah fasilitas DHCP dari modem harus dimatikan karena kalo ini diaktifkan pc client tidak akan mendapat IP dikerenakan memiliki 2 DHCP routing, untuk modem kedua2nya fungsi DHCP harus Dinonaktifkan

selamat mencoba semoga berhasil, mohon dikoreksi kalo ada kesalahan, maklum baru belajar untuk menulis

0 comments:

Post a Comment

komentar anda sangat berguna untuk saya Your comment is very useful to me

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Promo

Anda Punya Proyek Website, ingin mencari server hosting yang bagus, stabil dan harga terjangkau silakan klik gambar ini