29 August 2008

Pacu ICT di Kampus, Telkom Apresiasi via TesCa 2008


JAKARTA - Untuk memacu pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi atau Information and Communication Technologi (ICT) di dalam kegiatan belajar dan mengajar perguruan tinggi, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggelar Telkom Smart Campus Award (TesCa) 2008. TeSCA 2008 diselenggarakan bersamaan dengan Indonesia ICT Award (INAICTA 2008) yang berlangsung pada 7-8 Agustus sebagai salah satu kategori award.

Telkom Smart Campus Award merupakan program penghargaan nasional yang diinisiasi oleh Telkom, bertujuan untuk meningkatkan ICT Awareness di komunitas perguruan tinggi. Menurut Vice President Public & Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia, tujuan utama diadakannya penghargaan ini adalah untuk menciptakan standar ICT yang tepat guna di lingkungan perguruan tinggi.

Diharapkan melalui TeSCA 2008, Telkom dapat mendorong kreatifitas dan inovasi di bidang ICT di lingkungan perguruan tinggi demi mendukung terciptanya visi Masyarakat Informasi Indonesia yang dapat meningkatkan martabat bangsa di dunia internasional.

"TeSCA kami gelar dengan harapan dapat mendorong dan memacu kreatifitas dan inovasi di bidang ICT untuk memajukan proses belajar mengajar di lingkungan Perguruan Tinggi sekaligus mendukung terciptanya visi Masyarakat Informasi Indonesia," tegas Eddy Kurnia.

Selain itu, TeSCA diharapkan bisa menjadi semacam wahana untuk meningkatkan kerjasama pembuatan aplikasi dan konten Smart Campus antar perguruan tinggi sekaligus untuk mensosialisasikan program Smart Campus di lingkungan perguruan tinggi.

TeSCA 2008 memperebutkan tiga kategori juara. Pertama, pemenang untuk kategori akses dan konektivitas (Best Access and Connectivity). Kedua, kontent dan aplikasi (Content and Application) terbaik. Ketiga adalah Best of The Best, atau yang terbaik di dua kategori sebelumnya.

Program Telkom Smart Campus diluncurkan sebagai wujud kepedulian Telkom untuk turut membangun bangsa Indonesia melalui pengenalan ICT di kalangan Perguruan Tinggi yang merupakan asset masa depan bangsa serta mengembangkan komunitas perguruan tinggi berbasis ICT.

"Program Telkom Smart Campus serta TeSCA pada prinsipnya merupakan komitmen Telkom dalam mengembangkan ICT di Indonesia, khususnya di lingkungan pendidikan tinggi. Telkom Smart Campus merupakan wadah generasi digital pewujud Indonesia Bangkit," jelas Eddy Kurnia.

Sementara mengenai program Smart Campus, Eddy Kurnia menjelaskan bahwa Telkom selama ini telah menjalin kerjasama layanan Smart Campus dengan berbagai Perguruan Tinggi, yaitu layanan Total Solusi Infocom terintegrasi. Penawaran solusi SmartCampus saat ini mencakup penyediaan infrastruktur, penyediaan layanan dasar kampus, aplikasi dan content, serta pengelolaan bisnis dan kastemer di lingkungan kampus.

Smart Campus Telkom menjadikan suatu kampus terhubung online dengan entitas di luar kampus seperti kampus lainnya, kampus luar negeri, entitas komersial (Bank, industri dan lain-lain) sehingga metode pembelajaran berbasis teknologi seperti distance learning, pertukaran data, kolaborasi dalam aktifitas pendidikan, riset dapat dilakukan secara real time.

Untuk mewujudkan Kampus berbasis ICT, Telkom membantu penggelaran infrastruktur digital di dalam kampus yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai jenis layanan, baik untuk keperluan internal kampus maupun eksternal sehingga memberikan nilai tambah terhadap keberadaan kampus dalam masyarakat.

Penerapan ICT dalam dunia pendidikan menjadikan kampus sebagai entitas untuk sumber akses terhadap ilmu pengetahuan dan riset di seluruh penjuru dunia, mempermudah pertukaran informasi, kolaborasi riset, peningkatan layanan mahasiswa, distance learning serta menghubungkan antar komunitas di luar kampus.

"ICT akan menciptakan efisiensi dalam pengelolaan kampus sekaligus meningkatkan produktifitas semua elemen civitas academica untuk mencapai center of excellence," ujar Eddy Kurnia.

0 comments:

Post a Comment

komentar anda sangat berguna untuk saya Your comment is very useful to me

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Promo

Anda Punya Proyek Website, ingin mencari server hosting yang bagus, stabil dan harga terjangkau silakan klik gambar ini